Home Top Ad

Responsive Ads Here

Excellent - Selain menulis, anak juga harus diajari membaca sejak dini. Dalam memberikan bimbingan belajar membaca, anda harus menyadar...

5 Metode Belajar Membaca Anak yang Efektif dan Menyenangkan

Excellent - Selain menulis, anak juga harus diajari membaca sejak dini. Dalam memberikan bimbingan belajar membaca, anda harus menyadari bahwa kemampuan setiap anak berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan anda tidak memaksa anak untuk membaca. Sebagai orangtua yang baik, anda bisa menerapkan metode belajar membaca anak yang asyik dan menyenangkan. Dengan begitu, anak tak akan merasa terbebani dan justru bisa lebih mudah menangkap pembelajaran yang diajarkan.



Metode Belajar Membaca Anak


Ada banyak metode yang bisa anda lakukan untuk membimbing anak dalam belajar membaca secara menyenangkan. Berikut beberapa metode tersebut.


1. Jadikan Kebiasaan


Salah satu metode belajar membaca anak ialah menjadikannya sebagai kebiasaan. Anda bisa jadikan membaca sebagai bagian dari aktivitas yang dilakukannya setiap hari. Misalnya saja, saat anak tengah sarapan. Anda bisa mengeja produk makanan yang dikonsumsinya untuk diikuti anak. Selain itu, ketika anda mengajak anak pergi jalan-jalan, anda bisa meminta anak anda untuk mengeja beragam tulisan yang tertera di papan iklan, dinding gedung, dan lain sebagainya.


2. Mengenalkan Huruf Satu Per Satu


Metode lainnya yang bisa anda terapkan supaya anak bisa cepat membaca ialah mengenalkan huruf atau abjad satu per satu. Bimbing anak anda untuk mengenal huruf secara perlahan. Sebagai langkah awal, anda bisa ajarkan membaca kepada anak dengan mengenalkan dasar hurufnya saja. Dalam hal ini, anda juga harus ajarkan nama hurufnya. Ulangi hingga beberapa kali sampai anak anda mampu mengingat setiap hurufnya dengan baik.


3. Dekatkan Dengan Buku


Supaya anak bisa membaca, anda juga harus mengenalkan anak dengan buku. Anda bisa dekatkan anak anda dengan buku di setiap kesempatan. Dalam hal ini, setiap harinya anda harus menyediakan waktu khusus untuk anak mengenal buku. Adapun waktu khusus tersebut misalnya saja tiap menjelang tidur atau di sela waktu bermain. Agar anak merasa familiar dengan buku, anda bisa letakkan buku di kamar tidur maupun ruang keluarga yang mudah dilihat anak.


Disamping itu, anda juga harus membiasakan anak untuk selalu membawa buku kemanapun ia pergi. Dengan metode ini, anak tak akan meninggalkan kebiasaan belajar membaca. Anda tetap bisa belajar membaca di restoran, mobil, maupun di tempat lainnya. Dalam mendekatkan anak dengan buku, anda juga harus mempertimbangkan jenis bukunya. Pastikan buku yang anda kenalkan kepada anak sesuai dengan usianya. Terlebih lagi, buku yang anda kenalkan tersebut ada kaitannya dengan kesukaan anak.


4. Mulai Ejaan Pendek


Mulai membaca dengan ejaan yang pendek juga bisa memudahkan anak dalam belajar membaca. Metode yang satu ini bisa anda lakukan apabila anak anda sudah memahami semua hurufnya secara baik. Untuk mengajarkan anak belajar membaca dengan ejaan pendek, anda bisa mulai mengenalkan nama-nama binatang, buah, dan lain sebagainya. Metode ini tak boleh anda lewatkan karena sudah terbukti mampu mendukung kelancaran membaca.


5. Gunakan Media Bergambar


Metode belajar membaca anak yang menyenangkan lainnya ialah dengan memanfaatkan media bergambar. Adapun media bergambar yang bisa anda gunakan ialah gambar buah, hewan, dan lain sebagainya. Perlu untuk anda ketahui, anak akan lebih mudah menangkap suatu bacaan apabila disertai obyek gambar. Gambar memang mampu mencuri perhatian anak. Dengan begitu, anak tidak akan cepat bosan dalam belajar membaca. Tak bisa dipungkiri bahwa bimbingan belajar yang terlalu formal atau kaku akan membuat anak merasa bosan. Jika sudah bosan, anak cenderung malas untuk belajar lagi. 

0 comentários: