Home Top Ad

Responsive Ads Here

Excellent - Ketika bayi memasuki usia 6 bulan ini tandanya sebentar lagi si kecil mulai makan. Apakah anda sudah mempersiapkan menu MPA...

Menu MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik Untuk Tumbuh Kembangnya

Excellent - Ketika bayi memasuki usia 6 bulan ini tandanya sebentar lagi si kecil mulai makan. Apakah anda sudah mempersiapkan menu MPASI 6 bulan pertama untuknya agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga energi si kancil. Pastinya saat usianya 6 bulan, ASI saja tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan asupan harian si kecil. Oleh sebab itu, sudah harus dikenalkan yang namanya MPASI.

Mengapa pemberian MPASI harus diberikan saat bayi berusia 6 bulan? Ada penelitian yang menyebutkan bahwa di usia ini organ pencernaan si kecil sudah bisa menerima makanan serta bisa menurunkan risiko diabetes dan obesitas pada bayi. Oleh karena itu, pilihan menu MPASI 6 bulan pertama harus diperhatikan agar kebutuhan nutrisi si kecil bisa tercukupi dengan sempurna.


Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Pertama

Untuk pemberian MPASI pertama bagi bayi dapat berbeda-beda jenisnya. Tergantung kondisi bayi tersebut. Tetapi anda bisa mencoba memberikan si kecil puree buah tanpa ditambah gula atau garam sedikitpun untuk perkenalan MPASI. Di samping pemberian buah, anda juga dapat memberikan daging kepada si kecil. Seperti daging ayam atau sapi yang dihaluskan sebagai penambah zat besi yang mungkin sudah tidak cukup jika hanya didapatkan dari ASI saja.

MPASI 6 Bulan Seminggu Pertama

Ketika bayi berusia 6 bulan di minggu pertama nya, anda bisa memberi mpasi berupa puree buah-buahan. Seperti alpukat, pisang, pir dan juga apel. Di hari pertama sampai hari ke-3 untuk percobaan anda dapat memberi suatu jenis buah dengan frekuensi 1 kali sehari. Selanjutnya saat masuk hari keempat, anda bisa mencampur dua buah sekaligus seperti pisang dengan mangga atau pir dengan apel. Buah-buahan bisa menjadi sumber kalium, serat, kalsium dan juga asam folat bagi bayi.

Menu MPASI 6 Bulan Untuk Minggu Kedua

Memasuki 6 bulan minggu kedua anda dapat mencoba memberinya sumber karbohidrat seperti umbi-umbian, kentang, nasi yang dibuat bubur, atau oatmeal. Anda dapat mulai memberinya tambahan berupa puree sayuran agar dapat melengkapi kebutuhan nutrisinya. Anda bisa memilih sayuran yang bervariasi mulai dari wortel, brokoli, biji buncis dan juga jagung manis. Untuk pilihan menu sayur-sayuran dapat diganti setiap hari supaya si kecil bisa terbiasa dengan berbagai macam rasa makanan jadi si kecil tidak picky eater.

Menu MPASI Minggu Ketiga

Jika tadi anda sudah memberikan si kecil buah dan juga sayur atau umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat. Di minggu ketiga ini anda dapat memberinya daging yang telah dihaluskan. Untuk pilihan jenis dagingnya dapat menggunakan daging sapi atau daging ayam. Sebenarnya anda sudah dapat memberikan si kecil daging semenjak minggu kedua saat pemberian MPASI. Tapi lebih baik bila dilakukan secara bertahap supaya si kecil bisa menyesuaikan. MPASI yang berupa daging halus baik sekali dan berguna untuk menambah berat badan pada bayi. Namun bila si kecil sudah cukup gemuk, maka anda dapat memberikan daging dengan porsi kecil atau sedikit saja.

Yang harus anda ingat adalah, meskipun anda sudah memberikan si kecil MPASI namun itu hanya bersifat pendamping sementara. Untuk sumber nutrisi utama tetaplah ASI. Untuk bayi usia 6 bulan, kebutuhan kalori hariannya adalah sekitar 650 kalori. Sementara kandungan ASI kalorinya sekitar 400 kalori. Sehingga kebutuhan nutrisi dari MPASI sekitar 250 kalori.

Menu MPASI 6 bulan pertama ini juga sangat berperan membentuk pilihan makanan yang akan disukai si kecil dalam jangka panjang. Anda harus tetap semangat memenuhi kebutuhan nutrisi terbaik bagi si kecil agar tumbuh kembangnya sempurna.

0 comentários: