Home Top Ad

Responsive Ads Here

Untuk menyambungkan satu pipa ke pipa lain kita memerlukan yang namanya sambungan pipa atau  fitting , fitting terbagi dalam beberapa j...

Mengenal Macam Macam Sambungan Ppa / Fitting

fitting



Untuk menyambungkan satu pipa ke pipa lain kita memerlukan yang namanya sambungan pipa atau fitting, fitting terbagi dalam beberapa jenis dan bentuk sesuai dengan fungsinya, tanpa adanya fitting akan kesulitan untuk membelokkan aliran air, memperbesar, maupun mengecilkan aliran. Maka itulah kenapa fitting ini memiliki peranan sangat penting di dunia pemipaan. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai jenis-jenis fitting bisa dibaca iinformasi lengkapnya dibawah ini:


1. Fitting Socket

Socket ini merupakan sambungan pipa atau fittting yang berfungsi untuk menyambungkan dua buah pipa yang berdiameter sama dengan posisi lurus memanjang. Fitting socket jenis terseedia dalam dua type yaitu socket polos dan socket drat diluar. 

2. Fitting Elbow / Knee 

Fitting elbow / knee ini bentuknya seperti hurup L, fungsinya untuk membelokkan aliran, dan fitting ini memiliki dua jenis yaitu elbow 45 derajat dan 90 derajatm bisa diaplikasian seseuai kebutuhan. Bentuknya pun ada yang polos ada juga yang diberi ulir atau drat didalamnya. 

3. Fitting Tee Stuck

Fitting Tee Stuck ini bentuknya seperti hurup T, fungsinya untuk membagi aliran menjadi dua arah, seperti fitting-fitting sebelumnya ada yang polos dan ada yang memakai ulir atau drat.

4. Fitting Cross

Tee Stuck fungsinya untuk membagi aliran manjadi dua arah, sedangkan fitting cross berfugsi untuk membagi aliran menjadi tiga arah, kanan, kiri dan tengah. 

5. Fitting Reducer

Berfungsi untuk mengurangi atau memperkecil aliran, dengan cara menyambungkan dua buah pipa dengan ukuran diameternya yang berbeda. 

6. Fitting Stub-in

Bentuknya hampir sama dengan fitting Tee, namun terdapat satu pipa yang ukurannya lebih kecil, fitting ini bisa digunakan sebagai pengganti reducing tee, yaitu untuk mengurangi atau memperkecil aliran.

7. Fitting Bend

Fittting bend berfungsi untuk membelokan arah aliran yang beradius besar. 

8. Fitting Dop dan Plug 

Fitting Dop ini berfungsi untuk menghentikan atau menutup pipa pada sambungan dan ujung pipa.

9. Fitting Kran

Fitting ini berfungsi untuk mengatur jalan keluarnya air. 



Semua jenis  fitting tersebut bisa anda jumpai di toko-toko bangunan terdekat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda serta menabah pengetahuannya terutama dalam mengenal macam-macam alat sambungan pipa atau fitiing ini, dengan begitu anda akan lebih mudah lagi dalam menentukan sambungan pipa mana yang tepat untuk digunakan.

0 comentários: